TEORI ORGANISASI UMUM
Kelompok 5
Melani silva irawan(16114562)
Bagus kusumayuda(11114994)
Marthauli (16114431)
Resky Irvan S (19114083)
Rifaldi Dwi putra(19114342)
TEORI DAN DASAR
KOMUNIKASI
A.
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Secara harfiah, komunikasi berasal
dari Bahasa Latin yaitu COMMUNIS yang berarti keadaan yang biasa, membagi.
Dengan kata lain, komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling
pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu menekankan bagaimana
pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala
kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.
Secara umum
pengertian komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan
penerimaan (receiving) pesan atau berita (informasi) antara dua individu atau
lebih dengan cara yang efektif sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Beberap pengertian komunikasi Menurut para ahli
·
* Menurut Laswell pengertian
komunikasi adalah sebuah proses yang memberikan gambaran siapa mengatakan apa
dengan cara apa, kepada siapa dengan efek apa.
·
* Menurut Mr. Carl I. Hovland bahwa pengertian komunikasi sebagai proses komunikator memberikan
stimulan yang umumnya terdiri atas lambang lambang bahasa (verbal atau
non-verbal) sehingga terjadinya perubahan tingkah laku penerima/orang lain.
·
* Menurut Mr. Theodorson pengertian
komunikasi kepada wilayah ide dan emosi yaitu penyebaran informasi, ide-ide
sebagai sikap atau emosi dari satu individu kepada individu lain terutama
melalui simbol simbol.
Berdasarkan
beberapa pengertian komunikasi diatas , komunikasi digolongkan menjadi 3
Golongan utama yaitu Paradigmatis, Terminologis dan Etimologis
Ø Paradigmatis
Komunikasi secara paradigmatis adalah pola yang meliputi sejumlah komponen
berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapai tujuan tertentu
Ø Terminologis
Komunikasi secara etimologis adalah proses
penyampaian suatu pernyataan oleh seorang kepada orang lain
Ø Etimologis
Komunikasi secara Etimologis adalah
komunikasi berasal
dari "communicatio"(latin) dan comminis (latin) yang berarti sesuatu
yang dikomunikasikan
Unsur pembangun berjalannya
suatu komunikasi yang baik
1. Sumber
,Yaitu pusat informasi atau pengirim informasi
2. Penerima ,Yaitu
pihak dimana ia menjadi tujuan untuk dikirimi pesan atau info oleh sumber
(komunikator)
3. Pesan ,Adalah
informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima (komunikan)
4. Media
,Yaitu alat yang digunakan dalam berkomunikasi untuk mengirim pesan (informasi)
dari sumber kepada penerima
5. Efek
,Yaitu sebuah pengaruh yang dipikirkan dan dirasakan oleh penerima sebelum dan
sesudah menerima pesan
6. Umpan ,Balik Yaitu
sebuah bentuk tanggapan balik dari penerima setelah memperoleh pesan yang
diterima
B. ARTI
PENTING KOMUNIKASI
Komunikasi
sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, karena komunikasi adalah
penghubung terjalinnya suatu interaksi didalam masyarakat.
Sebagai makhluk sosial, manusia
senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia ingin mengetahui
lingkungan sekitarnya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya.
Rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu berkomunikasi.
Terdapat juga 3 fungsi dasar yang
menjadi penyebab, mengapa manusia melakukan komunikasi yaitu :
·
Hasrat manusia untuk mengontrol lingkungannya
·
Upaya manusia untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya
·
Upaya untuk melakukan transformasi warisan
sosialisasi
C.
JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI
Secara umum komunikasi ada 2 yaitu, komunikasi verbal dan non verbal:
Komunikasi verbal adalah suatu
kegiatan percakapan atau penyampaian informasi yang dilakukan oleh seseorang
kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Misalnya, berbicara, membaca buku, mendengarkan, dan berpidato
b. Komunikasi non verbal
Komunikasi non verbal adalah
penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti
pada komunikasi verbal. Misalnya melalui ekspresi
wajah(mimik), gerak
tubuh(gesture), sentuhan,rintihan, dan gerak isyarat.
D. Proses
komunikasi
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikanpesan
kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara
komunikan dengan komunikatornya. Proseskomunikasi ini bertujuan untuk
menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada
umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada
interaksi antar manusiadan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif
komunikasi.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut:
·
Penginterpretasian
Merupakan proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif komunikasi muncul hingga akal budikomunikator berhasil menginterpretasikan apa yang
ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting
·
Penyandian
adalah komunikator dari pesan yang bersifat abstrak berhasil
diwujudkan oleh akal budi manusia ke dalam lambang komunikasi
·
Pengiriman
adalah suatu momen ketika komunikator melakukan tindakan komunikasi, mengirim lambangkomunikasi dengan peralatan jasmaniah (transmitter)
·
Perjalanan
adalah Tahapan ini terjadi antara komunikator dan komunikan, sejak pesan dikirim hingga pesanditerima oleh komunikan
·
Penerimaan adalah Tahapan ini ditandai dengan diterimanya lambang komunikasi melalui peralatan jasmaniahkomunikan
·
Penyandian balik
adalah Tahap ini terjadi pada
diri komunikan sejak lambang komunikasi diterima melalui peralatan yang
berfungsi sebagai receiver hingga akal budinya berhasil
menguraikannya (decoding)
·
Penginterpretasian
adalah tahap ini terjadi pada komunikan, sejak lambing komunikasi berhasil
diuraikan dalam bentuk pesan
Skema proses komunikasi
Komunikasi dapat dibedakan menjadi 4
yaitu :
1. Proses komunikasi primer Prosespenyampaian pikiran oleh komunikator kepada komunikan menggunakan lambang sebagai media
2. Proses komunikasi sekunder
Proses penyampaian pesan dengan menggunakan alat setelah memakai lambang sebagai media pertama
3. Proses komunikasi linier
Penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan sebagai titik terminal
4. Proses komunikasi sirkular
Terjadinya feedback atau umpan balik dari komunikan ke komunikator
E.
Komunikasi Efektif
Komunikasi
efektif adalah komunikasi yang tepat sasaran , berhasil guna menyampaikan
informasi atau menyampaikan tujuan informasi seperti, menghibur, membujuk. Komunikasi efektif itu
melibatkan kejelasan, perkataan langsung dan aktif mendengarkan. Komunikasi
akan efektif jika informasi yang disampaikan dapat diterima dipahami sehingga
mempunyai kesamaan persepsi.
Terdapat
5 kunci keberhasilan komunikasi efektif
1. Tersenyum
2. Berbicara
dengan jelas
3. Relax(santai)
4. Variatif(tidak
monoton)
5. Dengar
dan pahami
Terdapat pula 5 hambatan
komunikasi efektif diantaranya:
1. Pesan
tidak jelas menimbulkan persepsi lain
2. Cara
menyampaikan tidak tepat atau tidak disukai komunikan
3. Komunikator
dan komunikan tidak siap melakukan komunikasi
4. Berbicara
terlalu dan terlalu cepat
5.
Terlalu sering muncul gumaman
F.
Implikasi Manajerial
Implikasi manajerial
adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas,
kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. Implikasi
manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless) Tipe
organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau
menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini
dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang
kompetitif.
Implikasi yang
dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan
produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan
sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur
organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun
harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana
perusahaan iitu berada.
Proses pengerjaan
Sumber:
http://herisllubers.blogspot.co.id/2013/05/implikasi-manajerial-implikasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar