Kamis, 30 Oktober 2014

Konsep dasar soft-skill





A. PENGERTIAN SOFT-SKILL
        Soft skill adalah Ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.

       Tujuan dari pelatihan soft skills adalah memberikan kesempatan kepada individu untuk mempelajari perilaku baru dan meningkatkan hubungan antar pribadi dengan orang lain. Soft skills memiliki banyak manfaat, misalnya pengembangan karir serta etika profesional. Dari sisi organisasional, soft skills memberikan dampak terhadap kualitas manajemen secara total, efektivitas institusional dan sinergi inovasi. Esensi soft skills adalah kesempatan. Lulusan memerlukan soft skills untuk membuka dan memanfaatkan kesempatan.

       Soft skills memiliki banyak variasi yang di dalamnya termuat elemen-elemen. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis soft skills yang terkait dengan kesuksesan dalam dunia kerja berdasarkan dari hasil-hasil penelitian.

1. Kecerdasan Emosi

2. Gaya Hidup Sehat

3. Komunikasi Efektif

Untuk memenuhi tuntutan pengguna lulusan yang menuntut bahwa mahasiswa harus mempunyai :

1. interpersonal skills

2. team spirit

3. social grace

4. business etiquette

5. negotiation skills

6. behaviour traits such as attitude, motivation and time to approach either a training organisation or a training consultant.

B. CONTOH SOFT SKILL

1. kemampuan beradaptasi
2. komunikasi
3. kepemimpinan
4. pengambilan keputusan
5. pemecahan masalah
6. conflict resolution , dan lain sebagainya.

C. PENGARUH SOFTSKILL

       Keterampilan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan seseorang. Dengan keterampilan yang ada seseorang dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk dirinya maupun lingkungan sekitarnya. Soft skill merupakan keterampilan diluar keterampilan teknis dan akademis, dan lebih mengutamakan keterampilan intra dan inter personal. Keterampilan intra personal mencakup kesadaran diri (kepercayaan diri, penilaian diri, sifat dan preferensi, serta kesadaran emosi) dan keterampilan diri (peningkatan diri, pengendalian diri, manajemen sumber daya, pro aktif). Sedangkan keterampilan inter personal mencakup kesadaran sosial (kesadaran politik, memanfaatkan keragaman, berorientasi pelayanan) dan keterampilan sosial (kepemimpinan, pengaruh, komunikasi, kooperatif, kerja sama tim, dan sinergi).

D. MANFAAT SOFTSKILL


       Berikut adalah beberapa manfaat softskill yang saya ketahui:

1. Sebagai atribut kualitas jasa

2. Bersifat mandiri

3. Membangun karakter

4. Membangun kepribadian yang berkualitas

5. Menumbuhkan rasa percaya diri

6. Dapat bersosialisai dalam team

7. Menumbuhkan kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian kita

8. Membentuk jiwa yang kritis di dalam diri kita



Referensi:
http://ms.wikipedia.org/wiki/Kemahiran_interpersonal
http://giikha130908.blogspot.com/2012/10/softskill-dan-hardskill_6.html
http://laillamardianti.wordpress.com/2011/02/27/soft-skill/





Tidak ada komentar: