Jumat, 15 April 2016

Makalah Program HIV(Menggunakan Pascal)

Nama :
 Melani Silva Irawan(16114562)
Marthauli (16114431)
Uun Ardiyaningrum( 1A114962)

Abstrak

            HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan penyakit yang sulit di kontrol penyebarannya. Hal ini dikarenakan tidak sedikit masyarakat yang terjerumus dalam seks bebas dan kurangnya pemahaman batas batas pergaulan antara pria dan wanita. HIV  menginfeksi dan merusak bagian dari pertahanan tubuh (limfosit) yang merupakan jenis sel darah putih dalam system kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Dalam hal ini kami merancang dan membuat sebuah aplikasi sederhana untuk mendiagnosa penyakit HIV pada manusia menggunakan aplikasi turbo pascal. Hasil yang diharapkan yaitu dapat menghasilkan sistem yang dapat bermanfaat bagi pengguna sehingga dapat mendeteksi penyakit HIV.


I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Seperti yang kita ketahui bersama, AIDS adalah suatu penyakit yang belum ada obatnya dan belum ada vaksin yang bisa mencegah serangan virus HIV, sehingga penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia baik sekarang maupun waktu yang datang. Selain itu penyakit ini juga dapat menimbulkan penderitaan, baik dari segi fisik maupun dari segi mental. Mungkin kita sering mendapat informasi melalui media cetak, elektronik, ataupun seminar-seminar, tentang betapa menderitanya seseorang yang mengidap penyakit hiv. Dari segi fisik, penderitaan itu mungkin, tidak terlihat secara langsung karena gejalanya baru dapat kita lihat setelah beberapa bulan. Tapi dari segi mental, orang yang mengetahui dirinya mengidap penyakit hiv  akan merasakan penderitaan batin yang berkepanjangan. Semua itu menunjukkan bahwa masalah Ahiv adalah suatu masalah besar dari kehidupan kita semua. HIV tidak dapat disembuhkan karena tidak ada obat yang dapat sepenuhnya menyembuhkan HIV/AIDS. Perkembangan penyakit dapat diperlambat namun tidak dapat dihentikan sepenuhnya.
            Namun bukan tidak mungkin penyakit ini bisa dicegah. Cara pencegahannya dengan pengobatan biomedis. Tetapi pengobatan biomedis itu perlu didukung dengan perbaikan ekonomi untuk memberantas kemiskinan dan meningkatkan pendidikan. Dengan pengetahuan yang meningkat, pengetahuan masyarakat mengenai penyakit hiv turut bertambah. Dengan begitu, mereka bisa memahami hiv dan cara menghindarinya agar tidak tertular. Peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku pada masyarakat bisa dilakukan dengan penyuluhan dan pendidikan kesehatan.
            Untuk itu kami membangun suatu sistem aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mendeteksi penyakit tersebut melalui aplikasi turbo pascal. Aplikasi ini bukanlah untuk menggantikan fungsi dokter, akan tetapi hanya digunakan sebagai alat bantu, karena program diagnosis hiv ini hanya bertindak dengan cara mendeteksi user melalui beberapa pertanyaan tidak seperti halnya seorang dokter yang dapat mendiagnosis penyakit dengan suatu aksi atau gerakan. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya penderita hiv, mahasiswa kedokteran atau dokter muda dalam melakukan diagnosis terhadap hiv serta memberikan solusi pengobatannya.


II. LANDASAN TEORI

A.    TURBO PASCAL
            Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang orientasinya pada segala tujuan, yang dirancang oleh Prof.Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan filosopi terkenal abad 17 dari prancis.
            Prof.Niklaus Wirth memperkenalkan compiler bahasa pascal pertama kali untuk computer CDC 6000 (control data corporation) yang dipublikasikan pada  tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program computer secara sistematis, khususnya pemrograman terstruktur. Pada perkembangan banyak versi-versi pascal yang beredar antara lain:MS Pascal,Apple Pascal,Turbo Pascal,dll.
            Standar pascal adalah bahasa bahasa pascal yang didefenisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth. Standar pascal Eropa didefenisikan oleh ISO (International standart organization)dan di Amerika oleh ANSI(American National standart Institute) dengan IEEE(Institut of Electronic Egineer).
            Dalam bahasa pascal terdapat program utama , program utama adalah program yang berisikan pernyataan-pernyataan dalam Turbo Pascal. Dalam program utama ini terdapat beberapa bagian yaitu, deklarasi data , prosedur, dan fungsi.
DASAR-DASAR BAHASA PASCAL
Unsur –unsur pemrograman Pascal meliputi :
a.       Mendapatkan data dengan membaca dari default input(keyboard, file atau sumber data lainnya).
b.      Menyimpan data kedalam memori dengan struktur data yang sesuai.
c.       Memproses data dengan instruksi yang tepat.
d.      Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output(monitor, file atau tujuan lainnya).
e.       Nama yang dipergunakan dalam program pascal disebut dengan pengenal atau Idenfinder.Idenfinder digunakan untuk nama program, sub program, nama variable, constant, Type, Label.

APLIKASI BAHASA PASCAL
·         Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Delphi(berbasis windows).
·         Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Kylix(berbasis Linux).

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PASCAL
1. Kelebihan Bahasa Pascal;
·         Tipe data standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia bahasa pemrograman.pascal memiliki tipe data standar Boolean, Char, Real, String.
·         User defined data types, programmer dapat membuat tipe data lain yang ditrunkan dari tipe data standar.
·         Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variable dan variable tersebut tidak dapat dipergunakan menyimpan tipe data selain format yang ditentukan.
·         Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi –fungsi kecil(procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang
·         Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia(bahasa inggris) sehingga mudah dippelajari dan dipahami.
2. Kekurangan Bahasa Pascal;
·         Tidak fleksibel penggunaanya.
·         Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional olimpiade computer(TOKI). Selain itu, bahasa pascal masih digunakan dalam IOI(international Oympiad In Informatics).

Struktur Pascal

1.Bagian Judul Program
2. Blok Program
    
a. Bagian Deklarasi
        – Deklarasi tipe data (TYPE)
        – Deklarasi variabel (VAR)
        – Deklarasi konstanta (CONST)
        – Deklarasi label (LABEL)
        – Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)
    b. Bagian Program Utama Perintah-perintah atau Pernyataan

Struktur Program Pascal Paling Sederhana :

begin
   statement-statement;
end.
Beberapa tombol penting pengoperasian program adalah :

Kunci
Fungsi
Ekuivalen menu
F1
Mengaktifkan jendela pertolongan.
File / Save
F2
Menyimpan berkas yang ada pada editor.
File / Load
F3
Memanggil program kedalam editor.
Run / Go to cursor
F4
Mengeksekusi program sampai posisi kursor.
Run / Trace into
F5
Memperbesar atau memperkecil jendela yang aktif.
Compile / Make
F6
Mengganti jendela yang aktif.
File / Pick
F7
Melacak kedalam subrutin.
File / user screen
F8
Melompati pemanggil subrutin.
Compile
F9
Mengaktifkan perintah ‘Make’
Run / Program reset
F10
Berpindah dari menu-menu ke jendela yang aktif.
Alt + F1
Memanggil jendela pertolongan yang terakhir dibaca.
Alt + F3
Memilih berkas untuk dimuat.
Alt + F5
Memperlihatkan hasil eksekusi.
Alt + F6
Mengganti isi jendela yang aktif.
Alt + F9
Mengkompilasi program.
Alt + B
Mengaktifkan menu Break / Watch.
Alt + C
Mengaktifkan menu compile.
Alt + D
Mengaktifkan menu debug.
Alt + E
Mengaktifkan editor.
Alt + F
Mengakaktifkan menu file.
Alt + O
Mengaktifkan menu option.
Alt + R
Mengaktifkan menu run.
Alt + X
Keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke DOS.
Ctrl + F1
Menampilkan menu pertolongan bahasa.
Ctrl + F2
Menghentikan pembetulan.
Ctrl + F3
Menampilkan isi tumpukan.
Debug / Call Stack
Ctrl + F4
Melakukan penghitungan atau mengubah nilai peubah..
Debug / Evaluate
Ctrl + F7
Menambahkan ungkapan pada jendela watch. .
B / Add Watch
Ctrl + F8
Toggles Breakpoint..
B / Toggle breakpoint
Ctrl + F9
Menjalankan program..
Run / Run
Ctrl + F10
Menampilkan versi layar monitor.



B.     HIV AIDS

Pengertian HIV

            HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS. HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency virus. yang masing masing katanya mengandung arti yaitu:
•           Human : manusia. Virus ini hanya menyerang manusia. Jadi, HIV hanya menular antar manusia. Binatang seperti monyet, kelinci, kucing, nyamuk tidak akan menularkan HIV
•           Immunodeficiency : kekebalan tubuh yang menurun.
•           Virus : benda yang sangat kecil yang dapat menularkan penyakit.

Pengertian dari AIDS

            AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Dari setiap kata katanya kita dapat menjelaskan kejelasan tentang AIDS yaitu :
•           Acquired : Diperoleh / didapatkan dari luar tubuhnya. Artinya AIDS bukan merupakan penyakit keturunan. AIDS hanya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui berbagai cara penularan.
•           Immune : Kebal atau terlindungi. Tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat menangkal berbagai penyakit  seperti flu, batuk, demam dan lain lain. Sistem kekebalan tubuh kita akan menangkal penyakit dengan membentuk antibodi
·         Deficiency : Kekurangan. Dalam AIDS kata deficiency dilekatkan dengan kata immune, artinya tubuh kekurangan kekebalannya untuk melindungi diri dari bakteri dan penyakit secara efektif.
·         Syndrome : Sekumpulan simptom - simptom yang menunjukkan adanya penyakit dalam tubuh kita. Dalam hal AIDS, ini berarti dalam tubuh kita sudah ada virus HIV dan tubuh kita sudah mengalami penurunan kekebalan tubuh yang membuat kita rentan terhadap infeksi infeksi oportunistik, seperti TBC, Meningitis, dan lymphoma

Nah sekarang kalian sudah mengetahui arti dari HIV dan AIDS, lalu bagaimana cara penularan penyakit tersebut? sebenarnya penyakit AIDS tidak akan menular jika :
•           kena batuknya orang HIV
•           makan dan minum dari peralatan yang sama
•           tinggal serumah
•           berenang sama sama
•           bersalaman, berpelukan, berjabat tangan

Akan tetapi virus HIV akan tertular apabila:
•           Terkena cairan sperma orang yang berpenyakit AIDS
•           Terkena cairan vagina orang yang berpenyakit AIDS
•           Dari air susu ibu dari ibu yang sudah terinfeksi HIV

CARA PENCEGAHAN VIRUS HIV

1.      Tidak mengkonsumsi narkoba. Terutama narkoba suntik. mengapa narkoba suntik? karena pada umumnya kita jika melakukan narkoba suntik hanya memiliki satu jarum suntik, sehingga satu buah jarum suntik dipakai untuk banyakan (massal). Sehingga bisa saja di antara mereka memiliki penyakit HIV - AIDS sehingga tertular deh ke semua nya. Namun apapun jenis narkobanya dapat memberikan pengaruh buruk bagi tubuh kita.
2.      Selain menggunakan jarum suntik tidak steril bergantian dengan orang lain. Berlaku juga untuk tidak menggunakan alat tindik anting, tato secara bersama dengan orang lain.

3.         Tidak melakukan hubungan seksual tidak aman dengan pasangan yang telah terinfeksi.

4.         Dari ibu yang positif dapat menularkan kepada bayinya ketika dalam kandungan, saat pesalinan atau pun pada masa menyusui. Konsumsi ARV secara teratur oleh ibu hamil yang telah terinfeksi ditemukan dapat mengurangi kemungkinan tertularnya bayi yang ada dalam kandungan. ARV merupakan singkatan dari antiretroviral adalah suatu obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan agar penderita HIV tetap hidup, dia harus mengkonsumsi obat tersebut seumur hidupnya.

5.         Memastikan transfusi darah dari orang yang tidak terinfeksi. Pada saat ini, PMI telah memeriksa kualitas darah transfusi yang mereka kelola.


Bagaimana HIV Menyebar?

Setelah 3 dekade penelitian medis, tiga mode utama infeksi HIV  berhasil diidentifikasi yaitu melalui kontak seksual, transmisi darah, dan di dalam rahim dari ibu ke anak.
Bentuk penularan yang paling umum adalah melalui hubungan seksual, dengan risiko untuk wanita ke pria sebesar 0,04 persen per tindakan (hubungan) dan dari pria ke wanita sebesar 0,08 persen per tindakan.


Cara HIV Memengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

HIV terdiri dari dua elemen RNA dan DNA sehingga memiliki kemampuan untuk langsung menginfeksi sel manusia dan menggunakan salah satu komponen pada kromosom untuk mereplikasi bagian-bagian atau struktur HIV.
Sistem kekebalan tubuh manusia terdiri dari dua jenis sel utama yaitu sel B dan sel T. Dua jenis sel T yaitu helper dan sitotoksik (cytotoxic) merupakan yang terpengaruh oleh HIV sehingga mengganggu sistem kekebalan tubuh.
Sel T helper (CD4) berfungsi sebagai semacam alarm bagi sel sitotoksik untuk menyerang dan membunuh sel-sel dalam tubuh yang terinfeksi oleh virus.

Padahal, sel helper telah terinfeksi oleh HIV itu sendiri sehingga membuat sel sitotoksik membunuh sel helper sebagai salah satu komponen penting sistem kekebalan tubuh.
Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh penderita HIV semakin menurun seiring dengan waktu. Siklus infeksi bisa berlangsung hingga 10 tahun yang sistem kekebalan tubuh menjadi amat lemah.Penderita dapat sakit atau bahkan meninggal akibat virus dan bakteri lemah (bukan HIV) yang pada kondisi normal dapat diatasi oleh sistem kekebalan tubuh.
Kondisi tersebut lazim dikenal sebagai AIDS, atau acquired immunodeficiency syndrome.
Para ilmuwan umumnya berpendapat bahwa AIDS berasal dari Afrika Sub-Sahara. Kini AIDS telah menjadi wabah penyakit. AIDS diperkiraan telah menginfeksi 38,6 juta orang di seluruh dunia. Pada Januari 2006, UNAIDS bekerja sama dengan WHOmemperkirakan bahwa AIDS telah menyebabkan kematian lebih dari 25 juta orang sejak pertama kali diakui pada tanggal 5 Juni 1981. Dengan demikian, penyakit ini merupakan salah satu wabah paling mematikan dalam sejarah. AIDS diklaim telah menyebabkan kematian sebanyak 2,4 hingga 3,3 juta jiwa pada tahun 2005 saja, dan lebih dari 570.000 jiwa di antaranya adalah anak-anak.[5]Sepertiga dari jumlah kematian ini terjadi di Afrika Sub-Sahara, sehingga memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menghancurkan kekuatan sumber daya manusia di sana. Perawatan antiretrovirus sesungguhnya dapat mengurangi tingkat kematian dan parahnya infeksi HIV, namun akses terhadap pengobatan tersebut tidak tersedia di semua Negara.


III. HASIL PEMBAHASAN

Kali ini kami membuat program dari pascal yang berjudul diagnosa penyakit hiv, adapun kode programnya adalah sebagai berikut :

program penyakit;
uses crt;
var menu : integer ;
    a,b,c,d,e,f : char ;
    aa,bb,cc,dd,ee,ff,x : real;

    begin
    clrscr;
    textcolor (12);
    writeln ('Program Analisis Penyakit HIV/Aids');
    Textcolor (14);
    writeln;
    writeln ('|-----------Kode Menu---------|');
    writeln ('|-----------------------------------|');
    writeln ('| 1. Diagnosa Penyakit          |');
    writeln ('| 2. Penyebab Penyakit         |');
    writeln ('| 3. Pencegahan Penyakit     |');
     writeln ('| 4.Orang yg BeresikoTinggi||');
    writeln ('| 5. Tentang Program                                      |');
    writeln ('|     6. Exit                            |');
    writeln ('|                                            |');
    writeln ('|------------------------------------|');
    writeln;
    write('Masukkan Kode Menu (1,2,3,4,5) : ');
    readln (menu);

    case menu of

    1: begin
       clrscr;
       textcolor (10);
       writeln('----Diagnosa Penyakit------');
       readln;
       writeln('Jawablah Pertanyaan dibawah ini');
       writeln;
       writeln('UntukMenganalisis kemungkinan anda terkena HIV/AIDS');
       writeln('Tekan Enter');
       readln;
       textcolor (6);
       writeln('Apakah anda mengalami demam tinggi berkepanjangan (Y/N) : ');
       readln (a);
       write ('Apakah berat badan anda menurun Drastis (Y/N) :');
       readln (b);
       write ('Apakah anda mual serta diare (Y/N) :');
       readln (c);
       write ('Apakah ketika malam anda berkeringat berlebih (Y/N) :');
       readln (d);
       write ('Apakah kulit anda kering dan terdapat bercak-bercak (Y/N) :');
       readln (e);
       write ('Apakah anda mengalami nafas pendek, batuk, nyeri dada dan demam (Y/N) :');
       readln (f);

       if (a='Y') or (a='y') then aa:=1
       else aa:=0;
       if (b='Y') or (b='y') then bb:=1
       else bb:=0;
       if (c='Y') or (c='y') then cc:=1
       else cc:=0;
       if (d='Y') or (d='y') then dd:=1
       else dd:=0;
       if (e='Y') or (e='y') then ee:=1
       else ee:=0;
       if (f='Y') or (f='y') then ff:=1
       else ff:=0;

       x:= (aa+bb+cc+dd+ee+ff)/6*100;
       writeln;
       textcolor (4);
       writeln('Kemungkinan anda mengidap penyakit Aids adalah ',x:0:0,'%');
       writeln;
       if x>=50 then Writeln('Segera periksa ke dokter untuk lebih memastikan')
       else
       writeln('Kemungkinan anda terkena HIV/Aids Rendah');
       readln;
       end;

    2: Begin
       clrscr;
       textcolor (13);
       writeln ('----Penyebab penyakit----');
       textcolor (7);
       writeln;
       writeln ('  HIV/AIDS adalah infeksi oleh virus HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh ');
       writeln ('sehingga sel sel pertahanan tubuh makin lama makin banyak yang rusak. ');
       writeln ('Penderita HIV menjadi sangat rentan terhadap semua bentuk infeksi. ');
       writeln;
       writeln ('  Pada akhirnya penderita tidak kebal terhadap kuman secara normal. ');
       writeln ('Infeksi tidak bisa ditularkan lewat kontak sosial biasa, makanan atau alat   ');
       writeln ('alat makan, toilet, kolam renang, serta gigitan nyamuk.');
       writeln;
       readln;
       end;

    3: Begin
       clrscr;
       textcolor (12);
       writeln ('----Pencegahan Penyakit------');
       writeln;
       textcolor (5);
       writeln ('1.Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah');
       writeln ('2.Menghindari hubungan seksual dengan orang yang mempunyai banyak pasangan seksual');
       writeln ('3.Hindari kontak langsung dengan penderita hiv');
       writeln  ('4.Menggunakan alat konstrasepsi');
       writeln ('5.Mengggunakan alat medis dan non medis yang steril');
       writeln ('6.Jangan bergonta-ganti pasangan');
       writeln;
       writeln;
       textcolor (3);
       readln;
       end;


    4: Begin
       clrscr;
       textcolor (3);
       writeln ('--Orang yang Beresiko Tinggi----');
       writeln;
       textcolor (4);
       writeln ('1. Orang-orang yang memakai narkoba suntik');
       writeln ('2. Orang yang membuat tato atau tindik');
     writeln ('3. Orang yang melakukan seks  sesama jenis');
       writeln ('4. Orang yg tinggal atau bepergian ke daerah dengan angka HIV tinggi');
       writeln ('5. Orang yang melakukan seks dengan pemakai narkoba');
       writeln ('6. Orang yang terkena infeksi penyakit seksual lain');
       readln;
       end;

    5: Begin
       clrscr;
       textcolor (9);
       writeln ('---------Tentang Program----------');
       writeln;
       textcolor (4);
writeln('Program ini dibuat dengan turbo pascal untuk mendiagnosa ');
       writeln('Penyakit HIV/Aids dengan memberi pertanyaan seputar gejala HIV/Aids ');
       writeln('Setelah menjawab Pertanyaan maka akan keluar hasil berapa persen ');
       writeln('Kemungkinan terkena penyakit HIV/Aids ');
       writeln;
       writeln('HIV(Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus mematikan  penyebab infeksi ');
writeln('Seseorang yg terkena atau terinfeksi HIV/Aids sistem kekebalan tubuhnya ');
writeln('akan menurun drastis Virus Aids menyerang sel darah putih khusus yang disebut ');
       writeln('Tanda pertama penderita HIV biasanya akan mengalami demam ');
       writeln('selama 3 sampai 6 minggu tergantung daqya tahan tubuh. Setelah kondisi membaik orang ');
       writeln('Yang terinfeksi HIV akan tetap sehat dalam beberapa tahun dan secara perlahan kekebalan tubuhnya ');
writeln('Akan menurun karena serangan demam yang berulang.');
writeln;
writeln;
textcolor (15);
writeln('Create by Melani, Marta, Uun');
readln;
end;

    6: Begin
        end;
        end;
end.

Dalam kode program tersebut kami menggunakan beberapa perintah-perintah sederhana dalam pascal yaitu :

Memasukkan variabel

Nilai dari sebuah variabel dapat dimasukkan oleh pengguna melalui deklarasi di program ataupun pemasukan (input) di dalam program. Dan dalam program kami ada beberapa tipe data yaitu tipe data char, integer, dan real.
Char    : Untuk memasukkan sebuah karakter
Integer : Untuk memasukkan data numerik bulat mulai -32768 sampai
dengan 32767
Real     : Untuk memasukkan data numerik real

Menampilkan hasil
Untuk menampilkan hasil dengan bahasa Pascal kami menggunakan prosedur standar Write dan Writeln. Perbedaannya adalah, prosedur Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama. Sedangkan prosedur standar Writeln digunakan untuk menampilkan tampilan perbaris, akan ganti baris untuk tampilan berikutnya.

Perintah If then else
Suatu aksi akan dikerjakan atau di eksekusi oleh program apabila kondisi yang didefinisikan untuk aksi tersebut bernilai benar (true). Sebaliknya, bila kondisi tidak terpenuhi atau salah (false) maka program akan melakukan aksi lain atau langsung keluar dari blok pemilihan.



IV. PENUTUP

KESIMPULAN

Tidak ada vaksin untuk mencegah HIV dan tidak ada obat untuk AIDS, tapi Anda bisa melindungi diri agar tidak terinfeksi. Satu-satunya cara untuk mencegah terinfeksi HIV adalah dengan menghindari kegiatan yang meningkatkan risiko tertular HIV. Karena, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Kesimpulan yang kami dapat dalam pembuatan program aplikasi ini adalah aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam mendeteksi penyakit hiv.

SARAN

Saran yang kami ajukan dalam pembahasan penyakit hiv adalah agar pemerintah bersama jajarannya selalu tegas dalam menangani masalah HIV/AIDS sehingga penularannya dapat di cegah sehingga tidak banyak jatuh korban yang berujung kepada kematian. Juga mengatur pergaulan secara cerdas dan cermat, memilih teman dalam bergaul agar tidak terperosok ke hal-hal yang buruk dan dapat merugikan diri.
Saran yang diajukan agar membantu proses pengembangan program kami adalah informasi dan data-data dalam program kami dapat lebih diperlengkap sehingga pemanfaatan dapat lebih maksimal.

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai hiv dan program aplikasi diagnosa penyakit hiv dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dalam pembuatannya, kerena terbatasnya pengetahuan dari kami. Maka dari itu kritik dan saran kami butuhkan demi sempurnanya makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA


















Tidak ada komentar: